Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
blank

Sabtu, 19 Juli 2014

Tes 2 Psikotes seleksi masuk STIS 2014

Setiap tahun soal yang dikeluarkan sama atau mirip menurutku, 2011, 2012, 2013, 2014, 2015 selanjutnya mungkin sama semua. Ini sekedar share dan bisa buat latihan temen2 yang mau masuk STIS
Tes Psikotes dibagi dalam beberapa tahap :
1.      Melanjutkan gambar                           : 12 soal Cuma buat latihan, 36 soal yang beneran
Contoh soalnya seperti ini

2.      Matematika(itung2an)                         : 25 soal
Contoh soalnya seperti ini :
1. Pipa air di suatu tempat mempunyai 523 cabang saluran untuk keperluan para pelanggan sehari-hari. Dalam satu minggu pemakaian mencapai 88.910 liter air. Berapa literkah rata-rata yang dipakai oleh tiap keluarga dalam waktu 1 minggu?
a. 17 liter
b. 160 liter
c. 170 liter
d. 70 liter
2. Sarah menerima uang Rp 50.000 minggu lalu. Sepersepuluhnya langsung digunakan untuk membeli sabun cuci. Sepertiganya sisanya digunakan untuk membayar jasa pencucian. Dua perenam sisanya digunakan untuk biaya antar jemput. Seperempat sisanya digunakan untuk membeli kopi dan gula. Sisa uang Sarah sekarang adalah ...
a. Rp 15.000
b. Rp 7.500
c. Rp 10.500
d. Rp 12.000
3. Seorang pedagang membeli beberapa bungkus rokok seharga Rp 60.000. Kemudian ia menjual lagi seluruh rokok tsb seharga Rp 56.750, sehingga rugi per bungkusnya Rp 50. Berapa bungkus yang dibeli oleh pedagang itu ?
a. 65 bungkus
b. 70 bungkus
c. 75 bungkus
d. 80 bungkus
4. Sebuah toko mempekerjakan 3 kali jumlah pekerja tahun lalu. Jumlah pekerja tahun lalu 29 orang, yang berhenti 3 orang, dan yang masuk 2 kali dari jumlah yang berhenti. Sesudah itu jumlah pegawai tidak berubah sampai sekarang. Berapakah jumlah pekerjanya sekarang?
a. 37 orang
b. 96 orang
c. 86 orang
d. 76 orang
5. Niko berhutang pada Basri sebanyak Rp 100. Chika berhutang pada Niko sebanyak Rp 115. Jika Basri mendapat Rp 100 dari Chika, dan Chika memberi sebanyak Rp 15 kepada Niko, maka :
a. Chika masih berhutang pada Niko
b. Niko masih berhutang pada Basri
c. Basri masih berhutang pada Chika
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
6. Jika cuaca berkabut, sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 30 km per jam. Jika cuaca baik kecepatan rata-rata mobil tersebut 60 km per jam. Berapa lama ia menempuh jalan yang panjangnya 210 km jika 2/7 (dua per tujuh) dari perjalanan itu bercuaca buruk berkabut?
a. 3,5 jam
b. 5 jam
c. 4,5 jam
d. 4 jam
7. Kalau Ani berjalan 9 meter ke muka dan mundur lagi 4 meter ke belakang, berapakah jarak Ani dari tempat semula ?
a. 2 meter
b. 3 meter
c. 4 meter
d. 5 meter
8. Berapakah jumlah 47 orang dan 9 orang ?
a. 55 orang
b. 56 orang
c. 57 orang
d. 58 orang
9. Enam buruh dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu 4 hari. Berapa orang buruh yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 1 hari ?
a. 21 orang
b. 24 orang
c. 26 orang
d. 29 orang
10. Berapa butir telur yang dapat dibeli dengan Rp 20.000,- jika dengan Rp 4.000 akan mendapatkan 3 butir telur ?
a. 12 butir telur
b. 14 butir telur
c. 15 butir telur
d. 17 butir telur
11. Reza bermain kelereng dan menang 3 buah. Kemudian Reza main lagi dan kalah 6 buah. Jika awalnya Reza mempunyai kelereng 12 buah, berapa jumlah kelereng Reza sekarang?
a. 21 kelereng
b. 3 kelereng
c. 9 kelereng
d. 15 kelereng
3.      Logika(contoh jalan terdekat)             : 25 soal
1.      Ketika Ayah pulang dari kios penjahit, sepatunya berlumpur dan topinya banyak kena tepung. Tempat-tempat yang mungkin dilaluinya adalah Kampung Iping, Lapangan Badak, Taman Muda, dan Jalan Sumbing.
Dia tidak mempunyai cukup waktu untuk mengunjungi lebih dari satu daerah dari daerah-daerah itu. Di jalan-jalan sama sekali tidak ada lumpur, kecuali di jalan-jalan yang aspalnya dibongkar untuk diperbaiki. Kampung Iping didiami oleh penjahit, demikian pula Jalan Sumbing, dan Taman Muda. Yang ada perusahaan roti adalah Jalan Sumbing, lapangan Badak, dan Kampung Iping.
Saya tahu bahwa jalanan di Kampung Iping tidak sedang diperbaiki, tetapi mungkin sekali ada perbaikan jalan di tempat-tempat lain.
Pertanyaannya : Jalan manakah Ayah pulang ke rumah ?
a. Kampung Iping
b. Jalan Sumbing
c. Lapangan Badak
d. Taman Muda

2. Semua lukisan yang bernilai seni yang tinggi berpedoman pada hukum-hukum perspektif. Kebanyakan lukisan Tiongkok dan Jepang tidak memperhatikan hukum ini. Jadi tidak dapat disimpulkan :
a. Lukisan Jepang dan Tiongkok tidak ada yang bernilai seni yang tinggi
b. Lukisan Tiongkok dan Jepang belum tentu tidak bernilai seni yang tinggi
c. Kebanyakan lukisan Tiongkok dan Jepang mempunyai nilai seni yang tinggi
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
3. Di permukaan laut, air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius jika tekanan udara normal. Jika tekanan udara kurang dari normal, maka air mendidih pada suhu yang lebih rendah dari 100 derajat Celcius. Di daerah-daerah yang letaknya lebih tinggi dari permukaan laut, tekanan udara sering kali lebih rendah daripada tekanan normal. Di daerah ini akan :
a. Selalu mendidih pada suhu 100 derajat Celcius
b. Selalu mendidih pada suhu di atas 100 derajat Celcius
c. Sering mendidih pada suhu di bawah 100 derajat Celcius (catatan : Soal STIS pada jawaban C dalam kata Sering diganti kata Selalu)
d. Tidak pernah mendidih pada suhu 100 derajat Celcius
4. Di sini ada perempatan jalan yang saling tegak lurus. Salah satu jalan itu menuju ke kota Semarang. Jika saya menghadap utara, maka jalan yang ke kiri dan belakang saya adalah jalan yang menuju ke tempat lain. Jalan yang tepat di hadapan saya menuju ke Laut Jawa. Jalan mananakah yang menuju Semarang ?
a. Ke utara
b. Ke Timur
c. Ke Barat
d. Jawaban a, b, dan c salah
5. Disebabkan menghisap rokok dan hanya untuk kepuasaan yang sedang-sedang saja, tidak seorang pun yang pernah rusak kesehatannya. Nikotin adalah suatu penyebab gangguan ringan. Sedikit sekali orang yang biasa merokok berhasil untuk merokok secara berlebihan-lebihan. Karena itu :
a. Omong kosong untuk berpendapat bahwa merokok itu merusak kesehatan
b. Merokok adalah merusak kesehatan
c. Pernyataan a dan b kedua-duanya salah
d. Pernyataan a dan b kedua-duanya benar
6. Madu yang berasal dari bunga adalah makanan utama dari lebah. Tikus-tikus menghabiskan madu yang telah dikumpulkan lebah. Di jalan Sudirman ada lebih banyak tikus dari pada di Jalan Diponegoro. Jadi dapat disimpulkan :
a. Lebah lebih banyak terdapat di Jalan Diponegoro daripada di Jalan Sudirman
b. Di taman bunga tidak terdapat tikus
c. Di jalan Sudirman tidak ada tanaman bunga
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
7. Orang yang mencuri dompet si Ani tidak hitam, tidak besar, serta tidak bercukur halus. Selain si Ani, orang yang berada di dalam ruangan pada waktu pencurian itu hanyalah : Sibobo yang pendek, hitam, dan bercukur halus. Si cucu yang berambut pirang, kecil, dan berjenggot. Si Dodo yang hitam, tinggi, dan tidak bercukur halus. Siapakah yang mencuri dompet si Ani ? (catatan : Pada soal STIS ciri-ciri orang yang mencuri diubah)
a. Bobo
b. Dodo
c. Cucu
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
8. Pada iklim panas tumbuh pohon-pohon getah dan karet. Semak dan rumput hanya tumbuh di tempat yang dingin. Rumput dan karet membutuhkan banyak kelembapan. Semak-semak dan pohon getah hanya tumbuh di daerah yang cukup kering. Di dekat sungai Amazone sangat panas dan lembap. Tumbuh-tumbuhan manakah yang tumbuh di dekat Sungai Amazone ?
a. Pohon-pohon getah dan semak
b. Pohon karet
c. Rumput
d. Jawaban a, b, dan c salah
9. Seseorang telah menemukan mayat nahkoda A dan anaknya yakni B. Ayah tertembak di dada dan si anak di punggungnya. Mungkin keduanya mati pada saat itu juga. Senapan bila di tembakkan dari jarak dekat seperti misalnya bila seseorang menembak dirinya sendiri akan meninggalkan bekas-bekas hitam pada kulit atau pakaian, bahkan bisa membakar. Tembakan yang dilepaskan dari jarak jauh tidak akan meninggalkan bekas demikian. Kedua mayat itu ditemukan di tengah ruangan yang dipergunakan untuk latihan membidik. Lantainya tertutup dengan pasir lembap sehingga setiap jejak tampak nyata dan jelas. Dalam ruangan tersebut hanya tampak dua pasang jejak kaki. Apabila ada orang ketiga di luar ruangan itu, maka akan mungkinkah baginya untuk menembak ke segala jurusan dalam ruangan itu. Tetapi lantai ruangan itu tak memungkinkan tampaknya bekas jejak kaki. Di bawah mayat nahkoda A ditemukan sebuah senapan, pada B tidak terdapat senapan. Bagian-bagian yang ditembus peluru pada pakaian kedua mayat itu menunjukkan bekas-bekas hitam dan kainnya agak hangus. Nahkoda A sangat mencintai anaknya dan ia sendiri lebih rela mati daripada sengaja membunuh anaknya, meskipun untuk membela diri. Tetapi, sebagian orang menduga bahwa si B diam-diam memusuhi ayahnya dan berharap akan mewarisi kekayaan bila ayahnya meninggal dunia. Kematian si B disebabkan :
a. Pembunuhan yang disengaja
b. Kecelakaan
c. Bunuh diri
d. Membela diri
10. Si Amin sedang sakit. Bila seseorang kulitnya berbintik merah, ada kemungkinan orang itu menderita cacar air, campak, atau kudis. Bila terbukti bahwa ia batuk dan salesma, maka boleh jadi ia sakit batuk kering, campak, atau gondok. Sudah beberapa hari si Amin selalu bersin dan batuk-batuk, lagi pula timbul bintik-bintik merah di dahi dan tangannya. Sakit apakah si Amin ?
a. Campak
b. Kudis
c. Batuk kering
d. Gondok
11. Jika seseorang membunuh orang lain berarti pembunuhan. Tiap pembunuhan adalah salah jika ditinjau secara moral. Karena itu : Tidak pernah dapat dibenarkan untuk membunuh seseorang yang menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan walaupun dirinya sendiri yang menyetujui tindakan ini.
a. Pernyataan tersebut benar
b. Pernyataan tersebut salah
c. Pernyataan tersebut belum tentu benar
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
12. Yang terbaik tumbuh pada iklim dingin adalah wortel, kentang, dan kubis. Pada iklim sedang banyak sekali padang rumput dan disana tumbuh ketela serta jagung. Pada iklim subtropis terdapat gandum, buah zaitun, dan kebun anggur. Pada iklim tropis tumbuh kelapa sawit dan padi. Bangsa X terutama hidup dari roti dan minyak sebagai pengganti mentega. Mereka minum anggur dan makan buah anggur. Pada iklim manakah mareka hidup ?
a. Pada iklim dingin
b. Pada iklim subtropis
c. Pada iklim tropis
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
13. Orang-orang eskimo termasuk sebagian kecil dari orang-orang yang makan daging. Sekarang orang telah menemukan bahwa semua orang eskimo mempunyai gigi yang baik. Jadi dapat disimpulkan :
a. Orang tidak memakan daging giginya buruk
b. Orang yang giginya baik pasti hanya memakan daging
c. Orang hanya memakan daging belum tentu giginya baik
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
14. Dalam sebuah kelas, sebagian besar murid pandai berenang, sebagian besar juga pandai mendayung. Jadi :
a. Sebagian besar murid tidak pandai berenang dan tidak pandai mendayung
b. Sebagian besar murid pandai berenang saja
c. Sebagian tertentu dari murid-murid itu pandai berenang dan pandai mendayung
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah
4.      Persamaan(menyamakan angka dan kata)         : 40 soal
Contoh soalnya seperti ini :
Latihan psikotes "Ketelitian" ini ditujukan untuk menguji tingkat ketelitian seseorang.
Petunjuk Soal :
Bandingkan susunan huruf/angka/kata pada masing-masing soal yang diberikan. Kemudian, kotak di depan nomor soal, diisi dengan huruf S bila susunan huruf/angka/kata yang di depan SAMA dengan yang dibelakangnya. Dan isilah dengan huruf T bila TIDAK SAMA.
   1. lowongan --- lowomgan
   2. TSHPS --- TSHPS
   3. 1234 --- 1234
   4. 7353774 --- 7383774
   5. locasalen --- locasalen
   6. 110011 --- 111001
   7. SWAMP --- SWAMP
   8. MLTHTS --- MTHSST
   9. Probolinggo --- Probolinggo
 10. 98758 --- 98758
 11. INTLX --- INTLE
 12. THTSTQ --- THTSTQ
 13. Yandi Suharto --- Yandi Suharto
 14. 69877 --- 69787
 15. 97054 --- 97054
 16. 4295454 --- 4295454
 17. C.V. Flamboyan --- CV. Flamboyan
 18. 71068 --- 71068
 19. 665566 --- 655566
 20. 8991 --- 8991
 21. HYUTY --- HYUTH
 22. Sri Haryono --- Sri Haryono
 23. Tini Kaswanto --- Tini Kasmanto
 24. 65479 --- 65478
 25. 123321 --- 321123
 26. 321456 --- 321456
 27. 45555 --- 45545
 28. Mita Sutjiowati --- Mita Sutjiwati
 29. SMPRN --- SMPNR
 30. 6038 --- 7054
 31. 65889 --- 65889
 32. GIRX --- GRIX
 33. Silvi Aria Yayuk --- Silvi Aria Yayuk
 34. SERI --- SARI
 35. MLTHSTS --- MLTHTST
 36. Yana Wirdayati --- Yana Wirdayati
 37. QSTNFH --- QSTNFH
 38. PICNIK --- PIKNIK
 39. 23456 --- 34567
 40. 65444 --- 65444
 41. PT. Gilland Ganesha --- P.T. Gilland Ganesha
 42. TSHPS --- ATSHPS
 43. VIFTTWH --- VIFTTWH
 44. Dantono Adri Noor --- Dantono Adri Norr
 45. 2272 --- 2272
 46. AXXER --- AXXRE
 47. Jatmiko Haryono --- Jatmiko Hariono
 48. DASA --- DESA
 49. OTIS --- OTIS
 50. Benny Indrakusumah --- Benny Indrakusuma
 51. butuh tabel tsb. --- butuh table tsb.
 52. 456654 --- 456654
 53. Engineering --- Enginering
 54. NCTN --- NCTN
 55. 421.+-,744.*-071. --- 421.+-,744.*-071.
 56. 1068 --- 1068
 57. Indahnya sedekah --- Indahnya sedekah
 58. 26789 --- 26789
 59. 1441 --- 1414
 60. 345566 --- 345566
 61. Muhammad Paidi --- Muhamad Paidi
 62. DRWST --- DRWST
 63. Hendro Tjahyono --- Hendro Tjahjono
 64. SPURSV --- SPURSV
 65. LAMRON --- LARMOR
 66. Bulan November --- Bulan Nopember
 67. C77DB6FGH58KL --- C77DB6FGH58KL
 68. MCRSW --- MCRWS
 69. URNAF --- URNAF
 70. 12345 --- 12345
 71. Kewarganegaraan --- Kewargaannegara
 72. 7054 --- 6038
 73. Toko Flamboyan --- Toko Flamboyan
 74. Rina Vita Mudrika --- Rina vita Mudrika
 75. 421001099178338 --- 421001099718338
 76. mindset --- mindset
 77. managemen --- manajemen
 78. psikotest --- psikotes
 79. 1212121212121 --- 1212121212121
 80. pikiran bawah --- pikiran bamah
5.      Kepribadian                                        : 225 soal
Tes ini diisi tentang kepribadian masing2 yang paling cocok dengan anda, jangan membohongi diri sendiri karena penguji tau semuanya dari hasil semua tes yang diberikan.
6.      Wartegg
Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Contoh:

Tipsnya adalah: 1) Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘. 2) Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:

7.      Draw A Man Test (DAM). Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Tipsnya: 1) Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga. 2) Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dsb.

1 komentar:

 

Blogger news

Teman Blogger

Blogroll